Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW : “Cintai Rasulullah, Hidup Jadi Berkah”

Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1442 Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di seluruh dunia, termasuk di lingkungan International Islamic Education Council (IIEC).

Tahun 2020 ini, peringatan Mauli Nabi Muhammad SAW di lingkungan IIEC dilakukan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Acara dilakukan dengan dengan sistem daring (online) melalui platform Zoom.

Peringatan Maulid Nabi ini diikuti oleh semua civitas academica IIEC mulai dari karyawan, guru, dan seluruh murid dari lima sekolah yang berada di bawah naungan yayasan IIEC (SD-SMP-SMA IIBS, SMP IISS, dan SMA IIHS).

Perayaan Maulid Nabi tahun ini mengangkat tema “Cintai Rasulullah, Hidup Jadi Berkah” dan dibawakan oleh Ustadz Dr. Ahmad Mulyadi, M.Ag, Direktur Operasional Pendidikan IIEC.

Beliau menjelaskan peringatan Maulid Nabi bukan hanya sekadar perayaan. Alangkah baiknya, dengan terlaksananya peringatan Maulid Nabi, kita sebagai umat Rasulullah dapat semakin mengerti dan mengaplikasikan sifat dan akhlak mulia yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Allah berfirman dalam surat Al Qalam ayat 4 :

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Artinya : “Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang agung.” (QS Al Qalam : 4)

Peringatan Maulid Nabi ini merupakan momentum yang baik untuk membuktikan bukti cinta kita kepada Rasullullah SAW. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak bershalawat untuk Rasulullah SAW.

Allah berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 56 :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya : Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (Al Ahzab : 56).

Lomba Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Beberapa hari sebelumnya, para murid SD-SMP-SMA IIBS, SMP IISS, dan SMA IIHS juga memeriahkan peringatan ini dengan melaksanakan lomba secara online. Cabang lomba yang dipertandingkan mulai dari Lomba Khutbah, Lomba Kaligrafi, dan Lomba Shalawat.

Berikut adalah nama-nama murid yang telah berhasil memenangkan lomba :

Setelah pengumuman pemenang lomba, acara ditutup dengan Sholawat Tibbil Qulub dan pembacaan doa yang dipandu oleh Ustadz Dr. Ibdalsyah, MA.

Share This:

Related News: