Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023, IIEC Gelar Workshop Eco Enzyme

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023 yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 21 Februari, International Islamic Education Council (IIEC) mengadakan Workshop Eco Enzyme dengan tema “Upaya Mengurangi Sampah Organik dan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim.

Tahun ini peringatan Hari Peduli Sampah Nasional berkerja sama dengan Komunitas Pelita Nusantara & Eco Enzyme Nusantara.

Awalnya, Hari Peduli Sampah Nasional bermula dari peristiwa longsornya sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Leuwigajah Cimahi yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2005 silam.

Musibah ini akibat dari curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah di TPA, dan mengakibatkan 157 orang meninggal.

Dalam sambutannya, Principal SMP IISS, Miss Astri Nuansari Halimah, S.Si, mengatakan bahwa workshop ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi IIEC dalam upaya pengelolaan sampah di lingkungan sekolah dan asrama.

“Sampahku adalah tanggung jawabku. Oleh karena itu, kita harus bisa mengelola sampah yang kita hasilkan. Tidak hanya sekedar sampah, kita harus mengelolanya agar bisa mempunyai nilai ekonomi”, ungkap beliau.

Dalam workshop ini, Komunitas Pelita Nusantara & Eco Enzyme Nusantara memberikan pelatihan kepada siswa-siswi IIEC untuk bisa memproduksi Eco Enzyme.

Eco Enzyme adalah cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah, sayuran, dan gula, yang dapat digunakan untuk pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif.

 

Admission 2023

Informasi & Pendaftaran Sekolah : 
– Call Center SMP IISS & SMA IIHS  : 

– Call Center SD, SMP, SMA IIBS : 

Share This:

Related News: