Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP IISS Jakarta

Ditengah pandemic COVID-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia saat ini, kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi agar semua proses pendidikan tetap berjalan efektif meskipun harus dilakukan di rumah aja.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada dasarnya memiliki unsur yang sama seperti pelajaran tatap muka pada umumnya, yakni Pendidik, Siswa, Orang Tua Siswa, Materi Pembelajaran dan Media Pembelajaran.

Memperhatikan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang berisi antara lain, bahwa selama masa Pandemi Covid-19 belum dinyatakan aman, maka proses pembelajaran dilakukan melalui Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang efektif dengan menjaga kualitas pembelajarannya dan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

SMP IISS Jakarta pun segera beradaptasi agar bisa bersinergi dengan keputusan pemerintah tersebut dengan cara menyusun Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang efektif :

1. Peningkatan Layanan Pendidikan

Dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi covid-19 ini, SMP IISS berfokus pada peningkatan kualitas layanan pendidikan.

SMP IISS mengoptimalkan media pembelajaran berbasis teknologi yang mudah diserap oleh peserta didik dalam pembelajaran secara  online (dalam jaringan)  maupun offline (luar jaringan).

SMP IISS memiliki sistem pembelajaran yang dinamakan Hyperloops Edu Pro yang mendukung layanan Sistem Kredit Semester yang memungkinkan peserta didik untuk lulus lebih cepat.

2. Fasilitas yang Lengkap

Untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  yang efektif, maka harus ada fasilitas pendukung yang lengkap.

SMP IISS memiliki studio khusus yang dirancang untuk meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar yang didukung oleh jaringan internet berkecepatan tinggi.

3. Budaya Inovasi Pembelajaran yang Baik

Guru dan karyawan di SMP IISS sekolah didorong untuk selalu dapat berkreatifitas dan berinovasi dalam melaksanakan layanan pendidikan kepada siswa.

SMP IISS memberikan fasilitas, apresiasi dan iklim yang mendukung munculnya kreatifitas agar dapat menghasilkan media pembelajaran baru,  menarik, serta inovasi multimedia pembelajaran yang kreatif.

Share This:

Related News: